Tim Verifikasi Lakukan Penilaian Bandara Lanudas Gatot Subroto

0
208
foto; ilustrasi

Waykanan, fajar-news.com– Tim Direktorat Jendral Perhubungaan Udara Kementrian Perhubungan hari ini melakukan verifikasi Bandara Lanudad Gatot Subroto AD di Waytuba Waykanan untuk menjadi Bandara Komersil.

“Tim hari ini melakukan verifikasi bandara, semoga hasilnya sangat memuaskan setelah di lakukan penilaian ini,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Waykanan Akhmad Odany, di Blambangan Umpu. Jumat (30/11).

Menurutnya, ada beberapa masukan dari tim Verifikasi terse seperti terminal keberangkatan dan kedatangan, Apron atau teempat parkir pesawat, traffic Controller, air rescue service, fuel Service dan lainnya.

Selain itu, setelah di llakukan verifikasi ini akan menunggu waktu satu sampai dua minggu kedepan untuk hasil dari verifikasi dan penilaian kelayakan Bandara Lanudad Gatot Subroto AD menjadi bandara Komersial pada akhir tahun 2018 ini.

Ia mengaatakan, untuk beberapa masukan yang di usulkan oleh Tim Verifikasi tersebut seperti terminal keberangkatan dan kedataangan akan menggunakan kantor Lanudad Gatot Subroto dan trafic Controller akan segera di perbaiki.

“Jadi harus benar-benar di perbaiki dan di buat sesegera mungkin,” katanya

Odany menjelaskan, pada tahun depan Pemerintah Kabupaten Waykanan akan mrlanjutkan membangun terminal keberangkatan dan kedatangan, dan melakukan beberapa perbaikan apron, trafic conter, dan massih banyak lainnya untuk mendukung terwujudnya Bandara Lanudad Gatot Subroto AD Way Tuba.

Deengan penilaian ini, semoga hasil yang di dapat sangat memuaskan dan bisa me jadi bandara komersil pada akbir tahun 2018. Serta dapat melayani perbangan Lampung – Jakarta.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan bila benar-benar terjadi menjadi Bandara komersil maka masih dalam kondisi darurat dan semua keterbatasan.

“Semua masih keterbatasan dan darurat. Tetapi walupun darurat, harus tetap menjadi komersial,” ujarnya

Setelah melanjutlan pemembangun terimnal keberangkatan dan kedatang. Nantinya ada pembangunan kantor UPT Bandara Lanudad Gatot Subroto sebagai kantor penghubungan antara bandara dengan Kementrian Perhubungan.

“Bila sudah ada kantor Penghubung ini, semuanya akan selalu di kordinasikan kepada Kementrian Perhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Waykanan,” katanya

Adipati mengharapkan, semua piha, Kementrian Perhubungan, KSAD, Pangdam II Sriwijaya, Pemerintah Provinsi Lampung dan 5 Kabupaten serta Provinsi Sumatra Selatan juga bisa mewujudkan dan memuluskan proses Bandara Lanudad Gatot subroto way Tuba menjadi bandara komersil.

Karena dapat meningjatkan kesejahteraan masyarakat, perekonomian, mengurangi pengagguran dan perkembaangan suatu daerah cepat tercapai.

Penulis : Jim