Verifikasi Penerima BLT Dari Pergeseran DD Mengacu 14 Kreteria

0
7

MESUJI, fajar-news.com – Verifikasi penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai( BLT) dari pergeseran Dana Desa(DD) yang di gaungkan dari kementerian Desa, mengacu pada 14 kriteria yang mesti di perhatikan.

Kepala Desa Aji jaya,mengatakan,dalam rapat Desa,Selasa( 28/04/2020) yang di hadiri jajaran pemerintahan Desa, Babinsa dan warga penerima bantuan di balai Desa Aji Jaya.

“Penyerapan bantuan langsung tunai harus tepat sasaran dengan acuan 14 kriteria sesuai himbauan dari kementerian Desa agar tidak menyalahi aturan,”katanya.

Seperti yang di ketahui teguh paparkan 14 kriteria yang harus diperhatikan dalam penyaluran BLT yakni ;

  1. Luas lantai 8m2/orang
  2. Lantai tanah
  3. Dinding bambu
  4. Buang air besar tanpa fasilitas
  5. Penerangan tanpa listrik
  6. Air minum dari sumur
  7. Bahan bakar kayu bakar
  8. Konsumsi daging satu kali seminggu
  9. Satu stel pakaian setahun
  10. Makan 1-2 kali sehari
  11. Tidak sanggup berobat kepuskesmas
  12. Sumber penghasilan KK petani 500m2
  13. Pendidikan KK tidak sekolah
  14. Tidak memiliki tabungan,

“Berdasarkan 14 kriteria ini adalah orang-orang yang berhak menerima bantuan BLT,kita lakukan verifikasi terhadap warga yang memang benar-benar layak menerima bantuan dan tidak mendapatkan bantuan yang lain baik dari pusat ataupun daerah seperti PKH atau BPNT” jelas Teguh.

Lanjut Teguh, dari hasil Verifikasi ada 44 Kepala Keluarga di anggap berhak dan layak menerima Bantuan Langsung Tunai dengan acuan 14 kriteria tersebut, ia juga menjelaskan tehnis disalurkannya melalui transfer rekening masing-masing.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat Desa( DPMD),Sunardi SE, dalam pesan whatsapnya, menjawab”Ya begitulah seharus nya” saat di tanyai apakah Desa memfasilitasi pembuatan rekening.

“Ya, begitulah seharusnya,’pembukaan rekening di fasilitasi oleh Desa,beberapa Desa yang sudah buka biaya di tanggung oleh desa,untuk biaya tergantung kebijakan Desa masing-masing, karena tidak ada anggaran untuk buka rekening, yang berkisaran Rp.20 rb s/d 25 rb.”jelas jawab Kadis DPMD.

Kadis DPMD menambahkan hal ini Untuk menghindari fitnah dan menjauhi dari perasangka buruk dan menjamin uang utuh di sarankan semua pakai rekening. (Fir)

Komentar Pembaca