Wagub Lampung Tinjau Gugus Tugas Covid-19 Pringsewu

0
21

Bandarlampungm, fajar-news.com – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia melakukan peninjauan langsung terhadap Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pringsewu dalam melakukan penanganan dan pencegahan penyebaran wabah virus covid-19 diwilayahnya, Kamis (16/4/2020)

Wakil Gubernur Lampung didampingi Kabid Humas Polda Lampung, Bupati Pringsewu dan rombongan melakukan peninjauan di Terminal Gadingrejo, Pasar Gadingrejo, dan Rumah Singgah Penanggulangan Covid-19 di Desa Jogja Kabupaten Pringsewu.

Sedangkan Bupati Pringsewu Sujadi menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Pringsewu aktif dalam mengikuti perkembangan Covid-19 dan menjalankan arahan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi.

Sujadi juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung yang proaktif melakukan langkah-langkah serta arahan kepada Kabupaten/kota dalam penanganan wabah Covid-19.

“Saya atas nama masyarakat Pringsewu mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Tim Gugus Tugas yang telah memberikan perhatiannya kepada Kabupaten Pringsewu. Dapat saya laporkan kondisi Pringsewu saat ini ada 82 ODP dan 5 orang PDP, namun demikian Pringsewu masih dalam zona hijau. kita berdoa tidak ada lagi masyarakat yang terpapar virus covid-19 ini,” terangnya

Lebih lanjut, Sujadi menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pringsewu sudah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran covid-19 sampai ke tingkat Pekon.

“Beberapa langkah-langkah sudah dilaksanakan di Kabupaten Pringsewu diantaranya adalah dengan membentuk Tim Gugus Tugas sampai di tingkat Pekon, beberapa Pekon bahkan sudah berinovasi sendiri, seperti Desa Mergosari yang melaksanakan jemput tamu di perbatasan, dan melaksanakan pemeriksaan bagi tamu yang datang ke desa dengan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat,” tutur Sujadi

Sementara itu, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia menyatakan bahwa mulai hari ini Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung berkeliling Kabupaten kota untuk berkoordinasi dan meninjau langsung penanganan Covid-19 di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung

“Hari ini ada tambahan 5 orang positif Corona di Lampung, kita harus mempertahankan agar Pringsewu bebas dari Corona. OLeh karena itu saya harap pemerintah Kabupaten Pringsewu dapat terus berkoordinasi baik itu secara langsung maupun secara virtual agar dapat segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan,” ucapnya

Chusnunia juga menyatakan bahwa penanganan Virus Covid-19 ini terbilang rumit, kedisiplinan diri menjadi kunci pokok dalam pencengahan Covid-19 di kalangan masyarakat.

“Disiplin diri, keluarga dan kesehatan diri sendiri menjadi kunci di masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19. Protokol kesehatan harus terus dijalankan sampai dampak covid-19 ini di cabut. Karena yang kita takuti adalah adanya warga yang positif corona tapi tidak mengalami gejala (red:Orang Tanpa Gejala – OTG). Kita mengalami situasi yang cukup sulit dalam menangani kondisi ini. oleh karena itu kita harus kompak, kalangan masyarakat juga harus kompak dalam berdisiplin menjalankan protokol kesehatan,” tegas Wakil Gubernur

Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menyatakan bahwa Polri bersama unsur TNI akan terus berusaha memberikan keamanaan dan ketertiban di masyarakat selama masa pandemik ini.

“Kami dari Polri dan unsur TNI akan terus berusaha memberikan keamanaan dan ketertiban di masyarakat, dampak covid-19 ini menjadi perhatian kita bersama. Kita juga sudah menjalin dan menjalankan patroli di masyarakat, jangan menyebarkan berita hoak, karena sekarang kita sudah punya pengawasan media sosial, dan di Polda sudah ada tim siber yang memantau semuanya,” tutupnya (Emr/Kmf)