Way Kanan Terima Sertifikat Mekhatin WBTB

0
90
foto; Diskominfo Waykanan

Waykanan, fajar-news.com– Pemerintah Kabupaten Waykanan menerima Penghargaan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda ( WBTB ) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Hal itu, sebagai salah satu bentuk menjaga adat istiadat dan budaya setempat.

Bertempat di Aula PKK Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.I.P mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten menerima Penghargaan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda ( WBTB ) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Senin (26/11/2018).

ekretaris Daerah Kabupaten Saipul S.Sos.,M.I.P mewakili Pemerintah Daerah, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah memberikan fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh Kabupaten Way Kanan sehingga dapat meraih berbagai prestasi yang membanggakan.

“Atas nama Pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Way Kanan yang terus menjaga dan melestarikan budaya serta adat istiadat turun temurun dengan baik, sehingga budaya dan tradisi kita mendapatkan penghargaan serta dipatenkan sebagai budaya yang hanya dimiliki oleh Kabupaten Way Kanan yaitu Mekhatin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Saipul.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Kepala Seksi Sejarah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Farizal, AT beserta jajaran, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, kepala dan unsur Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Perpustakaan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Selanjutnya, Sekda Saipul juga berharap agar penghargaan Mekhatin tidak hanya sampai pada sebuah pemberian sertifikat saja, melainkan terus dilestarikan dan dikenalkan kepada anak cucu sehingga terus menjadi tradisi adat istiadat Kabupaten Way Kanan yang dikenal di Indonesia.

“Kami juga meminta arahan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi untuk hal-hal yang harus dilakukan oleh Kabupaten Way Kanan usai menerima penghargaan ini sehingga penghargaan ini tidak hilang,” tutur Sekda Saipul.

Diketahui, Warisan Budaya Tak Benda yaitu sebuah karya budaya yang telah dijaga dan dilestarikan secara turun temurun di suatu daerah sehingga dipatenkan untuk diakui oleh Indonesia bahwa budaya tersebut hanya ada atau berasal dari daerah tersebut. Untuk Kabupaten di Lampung yang mendapatkan Sertifikat Mekhatin yaitu Kabupaten Way Kanan, Pesisir Barat, Metro, Lampung Timur, Bandar Lampung dan Pesawaran.

Penulis : Jim