Zero Covid 19 Jadikan Lamsel New Normal

0
1

Lampung Selatan, fajar-news.com – Penurunan kasus positif virus korona atau COVID-19 di Kabupaten Lampung Selatan progresnya semakin membaik.

Berdasarkan data Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, periode pemantauan 1 Juni s/d 14 Juni 2020, dari total 16 orang terkonfirmasi positif COVID-19, 15 orang dinyatakan sembuh, 0 orang masih dirawat dan 1 orang meninggal.

Kemudian, Orang Dalam Pemantauan (ODP) tersisa 6 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 2 orang, dan Orang Tanpa Gejala (OTG) 0 orang atau zero.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, dr. Jimmy Baggas Hutapea, MARS saat beraudiensi dengan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di rumah dinas bupati setempat, pada Senin (15/6/2020).

“Dari sekian (positif) pasien COVID-19 itu sudah tidak ada lagi yang diisolasi atau dirawat. OTG juga sudah tidak ada,” ujar Jimmy yang hadir bersama bersama para Kepala UPT, Kepala TU dan Dokter Puskesmas se-Kabupaten Lampung Selatan.

Lebih lanjut Jimmy menjelaskan, jika kondisi zero positif COVID-19 tersebut bisa bertahan hingga minggu depan, Kabupaten Lampung Selatan tinggal menunggu keputusan dari pemerintah pusat untuk bisa menerapkan new normal.

“Syaratnya ada rapid test massal. Nanti kita lakukan di pasar-pasar tradisional, itu salah satu syarat penerapan new normal. Dinkes bersama Puskesmas dan jajaran kesehatan siap melakukan edukasi kepada masyarakat terkait persiapan menuju new normal,” kata Jimmy.

Meski pandemi COVID-19 masih belum berkahir, Jimmy menyatakan hal itu tidak berarti pemerintah lengah dengan penyakit lain. Mengingat kondisi cuaca saat ini yang terbilang ekstrim, karena intentsitas hujan yang cukup tinggi di sejumlah wilayah Lampung Selatan.

“Kita juga harus mewaspadai peningkatan kasus-kasus lain seperti DBD. Ada juga bencana alam karena cuaca ekstrim. Intinya kami siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang kemarin terdampak banjir,” tutur juru bicara Gugus Tugas COVID-19 ini.(red)

Komentar Pembaca